Minggu, 03 Januari 2010

pengertian dan fungsi manajemen

Dalam suatu perusahaan/bisnis terdapat suatu manajemen . Manajemen sendiri adalah seni merencanakan,mengkoordinir,mengkordinasi serta mengawasi tenaga-tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen sendiri merupakan sarana untuk mencapai tujuan dengan menggunakan alat-alat yang tersedia seminimum mungkin.
Manajemen mempunyai beberapa fungsi yang dikenal dengan PODCC atau yang lebih dikenal dengan planning, organizing, directing, coordinating, dan controlling .istilah-istilah tersebut juga memiliki pengertiannya masing-masing yaitu :
o Planning
Yaitu suatu fungsi pemilihan alternatif melalui prises yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objektif perusahaan ,program maupun prosedur untuk diperbaiki .
Kenapa hal ini perlu dilakukan karena perencanaan yang dibuat tersebut biasanya menjadi penentu arah dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan perusahaan .
o Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah untuk menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan . ada beberapa hal penting dalam pengorganisasian yaitu :
1. Staffing yaitu suatu kegiatan pembagian kelompok kerja menurut jenis dan keahliannya .
2. Delagation of authority yaitu pendelagasian wewenang dari atasan ke bawahannya sesuai struktur organisasi maupun kedudukan bawahan tersebut .
3. Departemenisasi yaitu pengelompokan kegiatan-kegiatan yang sejenis untuk kemudian dipisahkan dengan kegiatan yang lainnya dimana tetep terjalin kerjasama .
4. Personalia yang berfungsi untuk menjalin hubungan dengan bawahan baik secara formal ataupun informal .
o Directing
Yaitukegiatan yang khususnya untuk mengatasi/mengarahkan bawahan sehingga seorang pemimpin secara manusiawi dapat mengikat bawahan untuk bekerja dengan sukarela menyumbang tenaga untuk mencapai tujuan .
o Coordinating
Yaitu fungsi yang harus dilakukan manajer agr terdapat suatu komunikasi untuk mencapai tujuan perusahaan .
o Controling
Pengawasan ini bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpang-penyimpangan pelaksanaan yang telah direncanakan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar