Rabu, 02 Juni 2010

politik

Secara etimologis politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis, yang berarti nagara kota.

Politik memiliki definisi yang banyak, tergantung sudut pandang yang digunakan oleh si pembuat definisi.

Miriam Budiardjo (1993) mendefinisikan politik sebagai berbagai macam kegiatan yang terjadi di suatu negara, yang menyangkut proses menentukan tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu. Disini Miriam Budiardjo mengartikan politik sebagai tindakan yang beraneka ragam yang dilakukan oleh penguasa maupun masyarakat yang berkaitan dengan proses menetapkan tujuan dan bagaimana cara pencapai tujuan itu.

Sementara itu Hoogerwerf mendefinisikan politik sebagai pertarungan kekuasaan. Hans J. Morgentahu mendefinisikan politik sebagai usaha mencari kekuasaan (struggle for power) dan David Easton mengartikan politik sebagai semua aktivitas yang mempengaruhi kebijakan dan cara kebijakan itu dilaksanakan.

Dari uraian-uraian di atas maka dapat diambil beberapa konsep pokok di dalam politik, yaitu : (1) politik berkaitan dengan negara(st at e), (2) kekuasaan(po wer), (3) pengambilan keputusan (decission making), dan (4) kebijakan umum (public policy).

Roger F. Soltou mengatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajarineg ara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga negara yang akan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut, hubungan antara negara dengan warga negara dan hubungan antara negara yang satu dengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar