Rabu, 02 Juni 2010

pengertian sosiologi menurut para ahli

Secara etimologis kata sosiologi berasal dari bahasa Latin socius dan Logos. Socius artinya masyarakat dan Logos artinya ilmu. Jadi sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat. Para ahli kemudian mencoba memberikan definisi yang lain tentang sosiologi. Perbedaannya terletak pada sudut pandang yang dilihat oleh masing-masing ahli.

Soerjono Soekanto (1983) mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial termasuk perubahan- perubahan sosial dan masalah sosial.

Sementara itu Roucek dan Waren mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok.

William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff mengatakan bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial.

Sedangkan Emile Durkheim mengatakan bahwa sosiologi adalah ilm yang mempelajari fakta-fakta sosial, yaitu fakta-fakta yang berisikan cara

bertindak, berfikir dan merasakan yang mengendalikan individu tersebut.

Dari berbagai pendapat para ahli tersebut di atas terlihat bahwa pada umumnya mereka sepakat bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai interaksi manusia di dalam kehidupan sosialnya.

sosial dan melakukan penemuan-penemuan baru serta mencapai pengertian-pengertian baru mengenai lingkungan sosial tersebut, maka dalam sosiologi tersedia tempat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar