Selasa, 05 Januari 2010

Pengertian dan fungsi manajemen personalia dalam bisnis ...

Pengertian dan fungsi manajemen personalia dalam bisnis ...

• Pengertian manajemen personalia
Manajemen personalia merupakan fungsi bagian dari manajemen yang berkaitan dengan manusia khususnya bagaimana menjalin kerjasama ,mengembangkan dan menumbuhkanberbagai kebijaksanaan dalam mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi maupun dalam membantu para pemimpin sebagai manajer untuk mengelolah sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan .
Menurut FLIPPO manajemen personalia adalahperencanaan ,pengorganisasian ,pengarahan dan pengawasan dari pengadahan ,pengembangan ,pemberian balas jasa ,pengintegrasian ,pengarahan ,dan pemutusan hubungan kerja karyawan dengan maksud untuk mencapai tujuan individu karyawan ,perusahaan ,organisasi dan masyarakat .
Dari definisi FLIPPO dapat disimpulkan bahwa manajemen personalia terbagi menjadi 3 aspek utama ,yaitu :
1. Fungsi manejerial
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Pengarahan
- Pengawasan
2. Fungsi operasianal
- Fungsi pengadaan
- Fungsi pengembangan
- Fungsi kompensasi
- Fungsi integrasi
- Fungsi pemeliharaan
3. Peran manejemen personalia adalah berupaya untuk mengintegrasikan tujuanperseorangn ,perusahaan maupun masyarakat .

Minggu, 03 Januari 2010

klasifikasi bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
• Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
• Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
• Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
• Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
• Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
• Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
• Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
• Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
• Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

bentuk dasar kepemilikan bisnis

• Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
• Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
• Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
• Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

barang

PENGERTIAN BARANG
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba ,termasuk bungkus,harga,prestise perusahaan dan pengecer ,pelayanan perusahaan dan pengecer yng diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan/kebutuhan.

PENGGOLONGAN BARANG MENURUT TINGKAT PEMAKAIAN DAN KEKONGKRITAN ...
1. Barang tahan lama
Barang tahan lama ( durable goods ) adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali,jadi dipakai untuk jangka waktu yang relatif lama .
Misalnya : pakaian,alat tulis,kacamata dll
2. Barang tidak tahan lama
Barang tidak tahan lama ( nondurable goods ) adalah barang-barang yang secara normal hanya dipakai satu kali atau beberapa kali saja,artinya sekali barang itu dipakai akan habis,rusak/tidak dapat dipakai lagi.
Misalnya : bahan baku,sabun,makanan dsb
3. Jasa
Jaasa adalah kegiatan,manfaat/kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.
Misalnya : jasa reparasi,jasa potong rambut,jasa pendidikan dll

PENGGOLONGAN BARANG MENURUT TUJUAN PEMAKAIAN OLEH SI PEMAKAI ...
1. Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah barang-barang yang untuk dikonsumsikan. Barang konsumsi digolongkan menjadi 2,yaitu :
 Barang konvenien
Barang konvenien adalah barang yang mudah dipakai,membelinya dapat disembarang tempat dan pada setiap waktu.
Misalnya : rokok,sabun dll
 Barang shopping
Barang shopping ( shopping goods ) adalah barang yang harus dibeli dengan mencari dulu dan didalam membelinya harus dipertimbangkan masak-masak misalnya dengan menbandingkan mutu,hatga,kemasan dsb.
Misalnya : tekstil,perabotan rumah tangga dll
Secara relatif harga barang shopping lebih mahal dibandingkan dengan barang konvenien dan dibutuhkan usaha-usaha serta waktu yang relatif banyak untuk mengadakan perbandingan .
 Barang spasial
Barang spasial ( speciality goods ) adalah barang yang mempunyai ciri khas dan hanya dapat dibeli di tempat tertentu saja.
Misalnya : barang antik di toko seni tertentu,perhiasan di toko mas tertentu dsb .
2. Barang industri
Adalah barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi/untuk kepentingan dalam industri baik secara langsung/tidak langsung dipakai proses industri.
Misalnya : dalam industri baja,hampir semua produksi dari baja igunakan untuk memproduksi barang lain .
Barang industri dibedakan menjadi 5 golongan,yaitu :
 Bahan baku
Merupakan bahan pokokuntuk membuat barang lain
Misalnya : kapas untuk membuat barang,jerami untuk membuat kertas.
 Komponen dan barang setengah jadi
Merupakam barang-barang yang sudah masuk dalam proses produksi dan diperlukan untuk melengkapi produk akhir.
Termasuk dalam jenis ini antara lain : benang untuk membuat tekstil,onderdil mobil dll
 Perlengkapan operasi
Adalah barang-barang yang dapat digunakan untuk membantu lancarnya proses produksi maupun kegiatan-kegiatan lainnya didalam perusahaan.
Dalam golongan ini termasuk jika perbekalan yang dipakai untuk jangka waktu lama.
Misalnya : minyak pelumas untuk mesin-mesin,kertas dan pensil untuk membuat catatan dsb.
 Instalansi
Yaitu alat produksi utama dalam sebuah pabri/perusahan yang dapat dipakai untuk jangka waktu lama ( termasuk bahan tahan lama ).instalasi ini termasuk tulang punggung dari sebuah pabrik/perusahaan sebagai contoh mesin penggiling gabah,mesin tenun pada perusahaan tekstil,mesin cetak pada perusahaan percetakn dsb .
 Peralatan ekstra
Yaitu alat-alat yang dipakai untuk membantu instalasi seperti alat angkut dalam pabrik ( truk pengangkut barang/fooklift truck ),gerobak dll )

bentuk perusahaan

Bentuk-bentuk perusahaan ,
• Perusahaan perseorangan
• PT ( perseroan terbatas )
• Learning
• Koperasi
• Asuransi
• CV ( perseroan komanditer )
• Firma
• Perusahaan daerah
• dLL
ada beberapa pertimbangan/pilihan dari bentuk-bentuk perusahaan diatas :
o jenis usaha
o Jumlah modal
o Rencana pembagian laba
o Penanggungan resiko
o Pengawasan
o Jangka waktu berdirinya perusahaan
o Penentuan tanggung jawab

Contoh :
1. PT BNI 46 Tbk
Tbk diatas berarti terbuka
Jadi perusahaan tersebut seperti pabrik
PERBEDAAN SPESIALISASI DAN DEFERENSI DALAM BISNIS ...

Spesialisasi adalah kegitan suatu keluarga untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan satu macam barang saja .
Deferensi adalah penyebaran/dengan bahan dasar yang sama bisa membuat beberapa macam produk dengan cara menyerahkan ke bagian-bagian yang sudah melakuka spesialisasi .
Dalam spesialisasi jika kebutuhan aneka macam barang/jasa makin banyak maka samakin besar keterlibatan keluarga yang harus mengkhususkan diri dalam memproduksi 1 macam/beberapa macam barang yang lain .

pengertian dan fungsi manajemen

Dalam suatu perusahaan/bisnis terdapat suatu manajemen . Manajemen sendiri adalah seni merencanakan,mengkoordinir,mengkordinasi serta mengawasi tenaga-tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen sendiri merupakan sarana untuk mencapai tujuan dengan menggunakan alat-alat yang tersedia seminimum mungkin.
Manajemen mempunyai beberapa fungsi yang dikenal dengan PODCC atau yang lebih dikenal dengan planning, organizing, directing, coordinating, dan controlling .istilah-istilah tersebut juga memiliki pengertiannya masing-masing yaitu :
o Planning
Yaitu suatu fungsi pemilihan alternatif melalui prises yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objektif perusahaan ,program maupun prosedur untuk diperbaiki .
Kenapa hal ini perlu dilakukan karena perencanaan yang dibuat tersebut biasanya menjadi penentu arah dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan perusahaan .
o Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah untuk menentukan macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan . ada beberapa hal penting dalam pengorganisasian yaitu :
1. Staffing yaitu suatu kegiatan pembagian kelompok kerja menurut jenis dan keahliannya .
2. Delagation of authority yaitu pendelagasian wewenang dari atasan ke bawahannya sesuai struktur organisasi maupun kedudukan bawahan tersebut .
3. Departemenisasi yaitu pengelompokan kegiatan-kegiatan yang sejenis untuk kemudian dipisahkan dengan kegiatan yang lainnya dimana tetep terjalin kerjasama .
4. Personalia yang berfungsi untuk menjalin hubungan dengan bawahan baik secara formal ataupun informal .
o Directing
Yaitukegiatan yang khususnya untuk mengatasi/mengarahkan bawahan sehingga seorang pemimpin secara manusiawi dapat mengikat bawahan untuk bekerja dengan sukarela menyumbang tenaga untuk mencapai tujuan .
o Coordinating
Yaitu fungsi yang harus dilakukan manajer agr terdapat suatu komunikasi untuk mencapai tujuan perusahaan .
o Controling
Pengawasan ini bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpang-penyimpangan pelaksanaan yang telah direncanakan .

faktor yang mempengaruhi bisnis

Dalam dunia bisnis terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan bisnis yaitu :
1. Inflasi
2. Pengangguran
3. Tabungan dan investasi
4. Pemerintahan
5. Produktifitas
Kelima faktor tersebut sangat mempengaruhi sistem bisnis yang terdapat pada suatu negara. Faktor yang paling besar pengruhnya adalah inflasi dan pengangguran.
Agar kegiatan bisnis berjalan lancar, sebaiknya kelima faktor tersebut dapat ditingkatkan karena saling keterkaitan baik lewat pemerintahan atupun kebijakan fiskal dan moneternya yang berdampak pada proses peningkatan mutu produksi .

unsur penting dalam perusahaan

Ada 5 unsur penting yang harus ada pada perusahaan ,yaitu :
o Organisasi
Yaitu lembaga sosial yang terdiri atas sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan dan secara sadar dibentuk dan dikoordinasi untuk melaksanakan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan .
o Produksi
Yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengolah suatu bahan/sumber-sumber ekonomi yang ada agar tercipta suatu produk yang mempunyai nilai guna .
o Sumber-sumber ekonomi
Beberapa sumber ekonomi yang menunjang pelaksanaan sumber ekonomi :
Kegiatan perusahaan,produksi,pemasaran,pembelanjaan,dan personalia yang digolongkan/dikelompokan menjadi :
1. Sumber ekonomi alam
2. Sumber ekonomi manusia
3. Sumber ekonomi modal
4. Sumber ekonomi manajerial
5. Sumber ekonomi lingkungan
o Kebutuhan konsumen
Kebutuhan barang/jasa tidak dapat dipenuhi oleh 1 perusahaan melainkan membutuhkan keikutsertaan perusahan lain .
o Laba
Laba dalam perusahaan bukanlah merupakan tujuan akhir ,lba merupakan selisih antara penjualan dengan biaya yang digunakan .